Manfaat dan faidah membaca Surat Yasiin

Membaca surat Yasin merupakan sebuah "ritual" yang biasa dilakukan umat muslim pada kesempatan-kesempatan tertentu. "Ritual" tersebut menjadi kebiasaan yang membawa banyak manfaat bagi kehidupan. Lalu, seperti apa manfaat surat Yasin?

Mendengar penggalan frasa itu, surat Yasin seolah sama dengan bahan-bahan obat yang bermanfaat untuk kesehatan. Pemilihan kata manfaat sepertinya cukup aneh. Akan lebih baik jika diganti dengan keutamaan surat Yasin. Tapi pilihan kata manfaat sepertinya juga tidak menjadi masalah. Karena toh sama-sama mengacu pada keutamaan atau dampak yang diberikan.



Yasin merupakan surat yang biasanya dibacakan ketika acara tahlilan atau setiap malam Jumat. Surat urutan ke-36 dalam Al-Quran ini terdiri dari 83 ayat. Termasuk ke dalam kategori surat Makkiyah atau surat yang turun di Mekkah. Ayat 1–21 termasuk dalam Juz ke-21, sementara 22–83 masuk ke dalam Juz ke-22.

Surat Yasin merupakan salah satu surat yang ada di dalam Al-Qur'an. Surat Yasin diwahyukan dari Allah kepada Nabi Muhammad Saw yang diturunkan di Mekah. Seperti yang kita sama-sama tahu bahwa surat-surat yang ada di dalam Al-Qur'an dibedakan menjadi dua. Yakni, surat Madaniyah dan Makkiyah.

Berdasarkan jumlahnya, surat yang diturunkan di Madinah atau disebut surat Madaniyah lebih sedikit dibandingkan dengan surat yang Allah Swt turunkan di Mekkah. Ada sekitar 23 surat yang diturunkan di Madinah dan sisanya diturunkan di Mekkah, yaitu sekitar 91 surat.

Surat-surat Allah yang diturunkan di Mekkah atau disebut surat Makkiyah tidak diturunkan dalam waktu satu atau dua hari. Nabi Muhammad Saw perlu mengumpulkan surat-surat tersebut selama 12 tahun lebih 5 bulan dan 13 hari. Hal itu dilakukan oleh beliau hingga mencapai usia 40 tahun.

Manfaat Surat Yasin, Keutamaan Surat Yasin

Setiap surat yang Allah Swt turunkan, pastilah memiliki keutamaan. Termasuk surat Yasin. Keutamaan surat Yasin ini nantinya berhubungan dengan manfaat surat Yasin untuk kehidupan manusia. Apa saja? Berikut adalah keutamaannya.

Surat ini menunjuk tentang keimanan seorang Muslim. Keimanan tersebut ditandai dengan "yakin akan adanya hari Kebangkitan kelak setelah hari Kiamat". Jika berpegang akan hal itu, kita tidak akan semata-mata mementingkan duniawi. Setelah kehidupan dunia, masih ada alam akhirat. Tempat kita di sana akan ditentukan amal selama kita hidup. Jika baik, maka kita layak masuk surga-Nya, jika buruk maka akan tersiksa di neraka.

Surat ini menyebutkan tentang para utusan Nabi Isa yang menemui penduduk Anthakiyah.

Menegaskan tentang beberapa hal, yaitu kemusyrikan, penciptaan makhluk yang berpasang-pasangan, bintang pada garis edarnya, ajal makhluk, dan hari kiamat


Manfaat Surat Yasin untuk Orang yang Sedang Menghadapi Maut

Anda pasti pernah beberapa kali melihat seseorang tengah membacakan surat Yasin untuk kerabatnya yang tengah sakaratul maut. Ini bukan tanpa alasan tertentu. Surat Yasin yang dibacakan kepada orang yang mendekati ajal dimaksudkan untuk menguatkan hatinya.

Ar-Razi menyebutkan dalam kitab at-Tafsirul Kabir bahwa dengan kondisi yang sangat lemah, seseorang perlu senantiasa diingatkan kepada Allah serta perbuatannya selama hidup. Keutamaan atau bisa dikatakan manfaat surat Yasin untuk mereka yang tengah menghadapi ajal bisa dikatakan sebagai pengingat apa-apa saja yang telah dilakukannya seumur hidup. Ini akan membuat orang tersebut tersadar dan mudah-mudahan tobat sebelum ajal menjemput

Selain itu, Allah Swt juga akan memberikan keberkahan dan rahmat berupa kemudahan, termasuk dalam keluarnya roh seseorang dari jasadnya jika surat ini senantiasa dibacakan pada orang yang tengah merengang nyawa. Demikian pendapat dari Ibnu Katsir. Kita tentunya berharap agar di saat terakhir hidup kita, tidak dilewati dengan penuh siksaan.

Rasulullah pernah bersabda:

Dalam sabdanya, beliau memerintahkan kita untuk membaca surat Yasin di samping orang yang sedang menghadapi mautnya. Nabi Muhammad Saw tidak serta-merta memerintahkan kita untuk membaca suatu surat jika surat tersebut tidak bermanfaat bukan? Begitulah logikanya.

Sebuah hadist, dari Maq'bal bin Yasar berbunyi:

"Surat Yaasin adalah jantung Al-Qur'an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah Swt, dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yaasin di samping saudaramu yang sedang sekarat."

Ada juga sebuah riwayat yang berkenaan dengan manfaat surat Yasin bagi mereka yang tengah menghadapi mautnya,
"Ketika seorang muslimin dan muslimah dibacakan Yaasin saat menghadapi ajalnya, maka akan diturunkan 10 malaikat dari huruf-huruf Yasin yang dibaca. Para malaikat itu berdiri berbaris di samping yang sakit, membacakan shalawat dan istighfar kepadanya dan ikut menyaksikan saat dimandikan dan mengantarkan ia ke makam." (Tafsir Yasin lil Hamamy)

Lalu, bagaimana dengan pembacaan surat Yasin di malam Jumat? Adakah manfaat surat Yasin berkenaan dengan hal itu? Jika merujuk pada hadits sahih, sebenarnya tidak ada yang menyebutkan bahwa kita harus membacanya pada malam itu secara khusus. Ya, mari kita selaraskan dengan

sabda Rasulullah Saw.

Janganlah kamu mengkhususkan malam Jumat dengan suatu qiyam (shalat malam) di antara malam-malam lainnya. Janganlah kamu mengkhususkan hari Jumat dengan puasa tertentu di antara hari-hari lainnya, kecuali apabila hari itu bertepatan dengan puasa salah seseorang di antaramu.” (H.R. Muslim)

Pembacaan surat Yasin pada Kamis malam atau malam Jum'at memang sudah menjadi tradisi yang berlaku di masyarakat Indonesia. Memang tidak ada yang salah dengan ini, karena membaca surat-surat dari Allah Swt ganjarannya adalah pahala. Tapi, ternyata surat Yasin bukanlah surat utama yang wajib dibaca setiap malam Jum'at, melainkan surat Al-Kahfi.

Manfaat Surat Yasin, Yasin Fadhilah

Yasin Fadhilah merupakan kebaikan-kebaikan yang terdapat dalam Al-Quran. Fadhilah ini berbeda dengan fadhilah atau keutamaan membaca surat Yasin, namun perlu kiranya kita ketahui. Fadhilah Yasin pernah dibahas oleh KH. Zain Muallif dalam buku Menyingkap Rahasia Yasin Fadhilah dan Keampuhannya. Berikut adalah poin-poinnya:

Mengulang-ulang sebuah ayat berdasarkan hadits yang disampaikan oleh Abu Dzarrin r.a. yang berkata,
 “Nabi Saw. pernah bangun malam dengan membaca sebuah ayat dan mengulang-ulang ayat itu sampai pagi hari, yaitu ayat tu’adzdzibhum fa innahum ‘ibaaduka. (Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu).” (H.R. Nasa’i dan Ibnu Majah).

Menyelingi ayat yang satu dan yang lain dengan dzikir dan doa tentang kandungan ayat yang tengah dibaca. Hudzaifah bin al-Yaman berkata,
"Pada malam hari, saya pernah shalat dengan Rasulullah Saw. lalu beliau membuka surat Al-Baqarah, Ali Imran, dan An-Nisaa’, kemudian membacanya dengan tartil. Apabila beliau melewati ayat yang di dalamnya terdapat tentang mensucikan Allah, maka beliau membaca subhanallah. Apabila melewati ayat tentang permohonan maka beliau berdoa, dan apabila beliau melewati ayat tentang perlindungan maka beliau memohon perlindungan kepada Allah.” (H.R. Muslim)

Pada setiap dzikir dan doa yang mengiringi ayat itu, dibuka dengan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad Saw., keluarga, dan para sahabatnya, lalu ditutup dengan “Bahwa Allah itu Mahakuasa atas segala sesuatu.”


Surat Yasin dipilih untuk diturunkan Allah pada nabi terakhir atau nabi akhir zaman, yaitu Nabi Muhammad Saw. Sehingga, manfaat surat Yasin pastinya juga cukup istimewa. Dan semoga tidak ada yang meragukan hal tersebut.

Anda pernah mendengar ini, "Yaasin lima quriat lahu"? Artinya adalah surat Yasin dibaca sesuai dengan niat yang membacakannya. Surat Yasin bisa dibaca ketika kita hendak meminta kepada Allah tentang kemurahan rezeki, jodoh, kesembuhan dari sebuah penyakit, kekuatan ketika menghadapi cobaan dan keinginan apapun yang ada di dalam benak kita.

Sehingga, dapat juga diartikan bahwa manfaat surat Yasin adalah apa yang ingin dicapai oleh siapapun yang membacanya.

Wallahu a'lam bish-shawab.

Nah itu dia manfaat membaca surat yasin yang mudah-mudahan bermanfaat pula untuk kita semua, sekali lagi kembali niat, Semoga Allah selalu memberi pertolongannya agar kita semua selalu mendapatkan petunjuk, dan kemudahan dalam berjuang dijalanNya. Aamiin Allahumma Aamiin

Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509].

Semoga Allah senantiasa membalas kebaikan anda..aamiin
Insya'Allah Bermanfaat.. Barakallah untuk anda..

Belum ada Komentar untuk "Manfaat dan faidah membaca Surat Yasiin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel